MENGGANTI BENTUK OBAT

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Saya akan melakukan pencabutan gigi, oleh dokter diberi obat Amoxilin trihidrate dan metronidazole dal bentuk tablet. Saya memiliki kesusahan untuk minum obat tablet terlebih jika ukurannya besar. Apakah saya bisa mengganti obat saya dari yang tablet jadi jenis sirup?

Jawaban tentang "Mengganti bentuk obat"

Salam sehat Sdr/i Nurul Eka,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Pengobatan dalam bentuk tablet dan syrup bisa disubstitusi dengan menyesuaikan dosis yang dibutuhkan. 

Amoxicillin untuk dosis dewasa adalah 500mg/tablet, untuk sediaan syrup tersedia dengan dosis 125mg/5ml atau 250mg/5ml. Bila ingin substitusi bentuk tablet ke syrup berarti disesuaikan:

Dosis 125mg/5ml maka sekali minum 4x5ml atau 20ml sekali minum untuk mendapatkan kesetaraan dengan dosis 500mg

Dosis 250mg/5ml maka sekali minum 2x5ml atau 10ml sekali minum untuk mendapatkan kesetaraan dengan dosis 500mg 


Sama juga untuk metronidazol, apabila dosis yang disarankan 500mg maka harus minum dalam sediaan syrup (merk yang tersedia Flagyl syrup) dengan dosis sediaan 125mg/5ml berarti dibutuhkan 20ml sekali minum.


Berikut hitungan substitusi dari tablet ke syrup. Bila belum jelas, bisa didiskusikan dengan Apoteker di tempat pembelian obat tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.      


Salam, 

apt. AJ     

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR