BERTANYA TENTANG CARA MINUM OBAT

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Jadi begini kak, saya dapat resep obat yang mana resepnya kapsul dan tablet. Sedangkan saya tidak bisa minum obat, kalo minum obat harus di gerus dulu. Pertanyaan saya apa boleh obat tabletnya di gerus dan untuk kapsulnya langsung dibuka saja. Terimakasih kak

Jawaban tentang "Bertanya tentang cara minum obat "

Salam sehat Sdr/i Selma Dwi Hardiyanti,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Beberapa bentuk sediaan tablet dengan pelepasan yang termodifikasi, antara lain:

  • Tablet lepas tunda, yaitu delayed-release (DR).
  • Tablet lepas lambat, yatu extended-release (ER atau XR), controlled release (CR), sustained release (SR), dan prolonged release.
  • Tablet salut enterik, atau enteric coated tablet / EC 
  • Tablet larut di lidah atau di bagian bawah lidah (obat sublingual)
  • Tablet yang dirancang untuk dilarutkan dalam air sebelum diminum (tablet efervesen)

Untuk kapsul juga tidak semua kapsul bisa dibuka. Seperti Kapsul untuk lambung, design kapsul untuk dijaga supaya larutnya di lambung.


Bila setiap membeli obat, tanyakan ke Apoteker untuk informasi hal ini. Apoteker Apotek K-24 siap memberikan penjelasan mengenai hal ini.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.        


Salam, 

apt AJ    

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR