14 JAM BERPUASA PASTI KUAT DENGAN TRIK INI

Lama berpuasa di setiap negara tentu berbeda-beda. Puasa tercepat adalah di belahan Australia dengan rentang waktu sekitar 11 jam sedangkan puasa terlama adalah di Finlandia yang mencapai 23 jam per hari. Di Indonesia, waktu berpuasa termasuk standar, yaitu sekitar 14 jam, dimulai dari sekitar pukul 4 pagi hingga menjelang pukul 6 petang. Yang menjadi kendala berpuasa di Indonesia adalah iklim tropisnya sehingga pada siang hari cenderung terasa panas. Panasnya dapat membuat orang Indonesia menjadi lebih mudah haus dan lemas.

Untuk mengatasi panas dan lemas saat berpuasa selama 14 jam, Anda wajib mengetahui trik sahur yang harus dilakukan. Saat sarapan pagi, biasanya tubuh manusia memperoleh 25% dari kebutuhan kalori yaitu sebesar 500 kalori. Karena berpuasa membutuhkan lama waktu 14 jam, maka kalori yang harus masuk saat sahur ditingkatkan menjadi 30%, seperti yang dikatakan oleh Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, guru besar di bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian, IPB.

Jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sahur pun beragam. Yang terpenting, sahur harus mengandung komponen nasi, sayur, lauk pauk, dan juga ditambah dengan cemilan buah atau sayur. Makanan bersantan juga direkomendasikan untuk sahur karena menjadi sumber tenaga yang luar biasa. Pastikan juga untuk meningkatkan kualitas makanan sahur agar memberikan berbagai asupan gizi yang dibutuhkan.


Sumber: Detik.com