SAKIT GIGI BERLUBANG NYUT-NYUTAN? AWAS BISA SEBABKAN STROKE!

Kadang kala adanya lubang pada gigi yang berukuran kecil sering dianggap sepele. Baru setelah lubang membesar, banyak orang yang kemudian mengeluhkan lubang pada gigi tersebut. Hal ini karena gigi yang berlubang bisa menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang tak tertahankan. Selain itu, ada beberapa bahaya sakit gigi berlubang nyut-nyutan yang perlu Sobat Sehat waspadai, lho.

Pada umumnya, gigi berlubang muncul karena sering mengonsumsi makanan atau minuman manis dan tidak terjaganya kebersihan gigi serta mulut. Kebiasaan tersebut dapat memunculkan plak pada gigi. Nah, plak yang menumpuk sedikit demi sedikit ini nantinya bisa merusak lapisan gigi hingga akhirnya memicu munculnya lubang pada gigi.

Bahaya Sakit Gigi Berlubang Nyut-nyutan

Gigi berlubang memang sering dialami oleh anak-anak, tapi orang dewasa juga banyak yang mengalaminya. Meskipun lubang pada gigi masih kecil, Sobat Sehat jangan sampai menyepelekannya, ya, sebaiknya cepat-cepat bawa ke dokter gigi.

Sebab, lubang tersebut akan membesar dari waktu ke waktu dan jika sudah parah Sobat Sehat bisa merasakan rasa sakit tak tertahankan. Selain itu, ada beberapa komplikasi dari gigi berlubang yang bisa terjadi jika tidak ditangani dengan tepat, di antaranya:

Abses Gigi

Abses gigi adalah sebuah kondisi ketika terdapat kumpulan nanah akibat infeksi bakteri. Keadaan ini bisa menjadi salah satu bahaya sakit gigi berlubang nyut-nyutan. Sebab, abses akan muncul di sekitar gusi atau gigi yang rusak dan akan membuat penderitanya kesakitan.

Ketika gigi berlubang tidak ditangani dengan benar, maka bisa terjadi infeksi yang akan menyebar ke jaringan lunak dari pipi sampai leher. Gejala dari abses gigi sendiri bermacam-macam, seperti demam, bengkak di area gigi bermasalah, gigi terasa sensitif, dan ada kegoyangan gigi.

Penyakit Gusi

Bahaya gigi berlubang yang selanjutnya adalah munculnya penyakit gusi. Sakit pada gusi ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri, pembengkakan gusi, dan warna kemerahan pada gusi. Bahkan, kadang gusi akan berdarah ketika Sobat Sehat menyikat gigi.

Penyakit gusi ini bisa menyebar, lho, dari satu gusi ke gusi lainya. Ketika tidak segera ditangani, penyakit gusi bisa berkembang dan menyebabkan gigi terlepas dari gusi.

Penyakit Jantung

Banyak yang mengira bahwa sakit gigi berlubang nyut-nyutan hanya akan bertahan di dalam rongga mulut saja. Padahal jenis sakit yang satu ini dapat berisiko lebih parah lagi, yaitu menyebabkan penyakit jantung. Kok bisa?

Ketika gusi terinfeksi akibat gigi berlubang, bakterinya dapat masuk ke dalam pembuluh darah di dalam mulut dan merangsang infeksi pada otot jantung. Keadaan ini ada namanya, lho, yaitu infective endocarditis.

Stroke

Selain penyakit jantung, banyak studi kesehatan yang sudah membuktikan bahwa penyakit gigi bisa memiliki hubungan dengan penyakit stroke. Hubungan ini ditemukan ketika infeksi oral terjadi pada orang yang menderita cerebrovascular ischemia. Cerebrovascular ischemia sendiri adalah keadaan ketika tidak tercukupinya aliran darah ke otak.

Gigi Patah

Sakit gigi berlubang nyut-nyutan juga bisa meningkatkan risiko gigi patah, lho. Kondisi ini biasanya terjadi saat lubang gigi mulai membesar sehingga bagian gigi semakin menipis. Akibatnya adalah gigi akan mudah patah, apalagi jika gigi digunakan untuk mengunyah makanan yang keras.

Sakit gigi berlubang memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Walau terlihat sepele dan bentuknya kecil, penyakit gigi bisa berkembang ke tahap serius karena gigi menyimpang saraf dan pembuluh darah yang terhubung dengan otak.

Oleh karena itu, jika Sobat Sehat memiliki sakit gigi berlubang nyut-nyutan segera periksakan diri ke dokter gigi, ya. Pada umumnya, dokter akan mengambil keputusan untuk mencabut gigi tersebut atau menambalnya. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa diberikan obat gigi berlubang untuk sementara waktu.

Apotek K-24 selalu menyediakan obat untuk gigi berlubang ini, baik yang menggunakan resep dokter atau tidak. Jadi, jangan takut-takut untuk pergi ke dokter gigi dan Apotek K-24, ya!