KEPUTIHAN SEPERTI AMPAS TAHU? INI DIA BEBERAPA PENYEBABNYA!

Mengalami keputihan sudah bukan hal yang biasa bagi kaum perempuan. Fakta menariknya, keputihan sebenarnya hal yang normal karena menunjukkan kalau organ reproduksi berjalan dengan semestinya. Normalnya, keputihan berupa cairan putih atau jernih yang lengket. Namun, bagaimana kalau keputihan seperti ampas tahu, apakah ini hal yang berbahaya?

Pada umumnya, keputihan akan muncul ketika Sobat Sehat akan memasuki siklus menstruasi dan tidak akan berlangsung lama. Selain itu, keputihan sendiri berfungsi untuk menjaga kelembapan pH organ intim sehingga tidak akan disertai dengan rasa gatal. Jadi, tidak perlu khawatir kalau Sobat Sehat mengalami keputihan seperti hal tersebut.

Penyebab Keputihan seperti Ampas Tahu

Berbeda keadaan jika keputihan yang terjadi tidak dalam keadaan normal alias mirip ampas tahu atau menggumpal. Sebab, menurut National Health Service, keputihan yang menggumpal dan kental ini dapat menjadi tanda kalau sedang ada infeksi jamur.

Apalagi kalau keputihan ini disertai dengan gatal-gatal dan bau yang tidak sedap. Jika Sobat Sehat mengalami hal ini, cepat-cepat periksakan diri ke dokter, ya. Sebab, ada beberapa kemungkinan mengapa kondisi tersebut bisa terjadi, yaitu:

Infeksi Jamur

Jamur yang berkembang di daerah vagina biasanya bernama candida. Siapa saja bisa terjangkit jamur candida, seperti wanita hamil, penderita diabetes, hingga orang yang sering mengonsumsi antibiotik. Orang yang mengalami infeksi jamur di vagina akan mengalami gatal-gatal, rasa tidak nyaman saat buang air kecil, dan sakit ketika berhubungan intim.

Vaginosis Bakterialis

Penyebab keputihan seperti ampas tahu yang lainnya adalah vaginosis bakterialis atau jumlah bakteri berlebihan dalam vagina. Selain keputihan yang menggumpal, masalah yang satu ini juga disertai dengan bau amis yang kuat. Vaginosis bakterialis sebenarnya bukan masalah yang serius tapi tetap saja perlu ditangani dengan tepat.

Trikomoniasis

Penyakit menular seksual seperti trikomoniasis ternyata juga dapat menjadi penyebab dari keputihan seperti ampas tahu. Sebab, tanda utama dari gangguan yang satu ini adalah keputihan tidak normal dengan tekstur yang kental dan bisa juga berwarna kuning kehijauan. Selain itu, Sobat Sehat juga akan merasa tidak nyaman saat berhubungan intim dan buang air kecil.

Klamidia

Sama seperti trikomoniasis, infeksi menular seksual seperti klamidia juga ditandai dengan keputihan yang tidak normal dan memiliki aroma yang tidak sedap. Selain menginfeksi vagina, bakteri penyebab klamidia juga bisa menginfeksi tenggorokan, mata, dan saluran kencing.

Oh iya, kalau tidak ditangani dengan tepat, klamidia dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Jadi, kalau sudah mengalami keputihan tidak normal, bau tidak sedap, hingga rasa panas, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Tanda Menstruasi Berakhir

Penyebab keputihan seperti ampas tahu yang lainnya juga bisa karena masa haid yang akan berakhir karena adanya fluktuasi hormon dalam tubuh. Saat sedang menstruasi, wanita akan memproduksi hormon progesterone dan estrogen dalam kadar rendah. Akibatnya, akan ada penggumpalan cairan vagina.

Selain itu, masa ovulasi yang akan berakhir juga biasanya akan menyebabkan keputihan terlihat lebih kental. Nah, pada masa ini, Sobat Sehat bisa banget menggunakan pantyliner agar keputihan tidak menodai celana dalam. Selain itu, kalau gejala keputihan terbilang tidak normal, Sobat Sehat bisa coba untuk minum obat keputihan yang ada di Apotek K-24.

Seperti yang Sobat Sehat tahu, pantyliner dan obat keputihan yang aman bisa dibeli lewat Apotek K-24 terdekat, ya. Sebab, Apotek K-24 hanya menyediakan berbagai produk yang sesuai dengan standar Kemenkes RI dan BPOM. Jadi, keamanan dan kesehatan Sobat Sehat pasti akan terjaga. Demikian ulasan tentang keputihan seperti ampas tahu, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!