MANFAAT DENTAL FLOSS DAN CARA MENGGUNAKANNYA YANG TEPAT AGAR GIGI SELALU BERSIH

Banyak orang mengira kalau menjaga kesehatan gigi itu cukup dengan menyikat gigi setiap hari sebanyak dua kali. Padahal, dengan sikat gigi saja terkadang tidak cukup untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu tahu kegunaan dari dental floss atau benang gigi dan bagaimana cara menggunakannya.

Menyikat gigi sebanyak 2 kali memang jadi kebiasaan yang wajib dilakukan setiap hari. Sayangnya, hal ini tidak menjamin dengan pasti kebersihan dari gigi Sobat Sehat. Sebab, bulu-bulu dari sikat gigi biasanya tidak mampu untuk menggapai sudut dan celah gigi yang tidak terlihat. Jadi, tak heran kalau meski sudah rajin menyikat gigi tapi tetap saja mengalami gigi berlubang.

Manfaat Dental Floss untuk Kesehatan Gigi

Pada dasarnya, mulut menjadi tempat yang tepat untuk bakteri berkembang. Oleh karenanya, setidaknya ada lebih dari 500 jenis bakteri yang bisa ditemukan dalam mulut. Inilah yang membuat Sobat Sehat perlu menggunakan sikat gigi dan benang gigi untuk membersihkan gigi.

Benang gigi adalah benang yang terbuat dari nilon atau plastik yang biasanya digunakan untuk membantu dalam membersihkan kotoran di sela-sela gigi. Selain itu, menurut sebuah penelitian, orang yang rutin menggunakan benang gigi memiliki risiko rendah dalam mengalami masalah gigi dan gusi.

Ini karena manfaat dental floss terhadap kesehatan gigi dan mulut yang sayang kalau dilewatkan, contohnya:

  • Membersihkan gigi sampai di sela-sela dan ujung yang tak terjangkau sikat gigi.

  • Mencegah terbentuknya plak dan karang gigi.

  • Mengurangi risiko bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gingivitis atau periodontitis.

  • Mengurangi gangguan pada gusi akibat penumpukan sisa-sisa makanan yang tak sempat dibersihkan.

Saking bermanfaatnya, benang gigi sebenarnya harus sudah diperkenalkan pada anak-anak sejak usia 2-3 tahun. Sebab, penggunaan benang gigi ini minimal dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari. Jika sudah terbiasa sejak dini, maka membersihkan gigi dengan benang gigi bisa jadi kebiasaan sampai Sobat Sehat dewasa nanti.

Cara Menggunakan Dental Floss yang Tepat

Namun, menggunakan benang gigi ini tidak boleh sembarangan, ya. Sebab, kalau salah menggunakannya, bisa saja mulut atau gusi malah terluka dan gigi tidak jadi bersih. Oleh karena itu, berikut beberapa cara menggunakan benang gigi yang tepat:

  • Ambil benang gigi sepanjang 45 cm dan lilitkan ujung-ujung benang pada jari tengah di tangan kanan dan kiri.

  • Pegang erat benang gigi, kalau dibutuhkan bisa dibantu dengan ibu jari atau telunjuk.

  • Selipkan benang gigi dengan perlahan dengan benang yang tegang pada salah satu sela gigi.

  • Lalu gesekkan benang maju mundur berkali-kali dengan membentuk pola huruf C.

  • Setelah itu, gerakkan benang gigi secara naik turun dengan perlahan agar tidak sampai melukai gusi.

  • Terapkan gesekan yang sama di sela-sela gigi yang lainnya.

Nah, kalau sudah selesai menggunakan dental floss, Sobat Sehat bisa membersihkannya lagi dengan berkumur menggunakan air atau obat kumur. Hal ini untuk menjamin supaya sisa-sisa makanan benar-benar hilang.

Jika belum terbiasa, penggunaan benang gigi mungkin bisa membuat gusi berdarah karena gesekan yang terlalu keran. Namun, tenang saja karena semakin sering menggunakan benang gigi, maka semakin terbiasa juga dalam menggunakan benang gigi yang benar.

 Kalau Sobat Sehat tertarik dengan benang gigi, Sobat Sehat bisa langsung membelinya di gerai Apotek K-24 terdekat, lho. Ada beberapa jenis dan merek dental floss yang tersedia di Apotek K-24. Oh iya, Sobat Sehat juga dapat memesannya lewat aplikasi K24Klik kalau tidak sempat mengunjungi gerai. Yuk, selalu jaga kesehatan gigi dan mulut bersama Apotek K-24!