KAKI BENGKAK GEJALA APA? CARI TAHU AGAR BISA MENGATASINYA DENGAN TEPAT

Mengalami pembengkakan di kaki sepertinya umum terjadi karena bagian ini sering digunakan untuk bergerak setiap hari. Oleh karena itu, mengetahui kaki bengkak gejala apa sangat penting agar Sobat Sehat tidak panik. Selain itu, dengan tahu penyebab utama dari kaki bengkak, Sobat Sehat bisa melakukan cara mengatasi gejala dengan tepat sehingga cepat sembuh.

Walau kadang tidak berbahaya, mengalami kaki bengkak tentu menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri. Selain rasa sakit yang mengganggu, pembengkakan di kaki juga membuat Sobat Sehat kesulitan untuk berjalan dengan normal. Alhasil, aktivitas sehari-hari akan terganggu dan pekerjaan pun bisa saja tidak selesai.

Kaki Bengkak Gejala Apa?

Oleh karena itu, dalam mengatasi kaki bengkak tentu Sobat Sehat perlu melihat penyebab dengan pastinya. Nah, berikut beberapa penyebab di balik mengapa Sobat Sehat bisa mengalami kaki bengkak:

Cedera Kaki

Kaki merupakan tumpuan utama ketika Sobat Sehat tengah berdiri, berlari, berjalan, atau mengendarai kendaraan roda dua. Nah, ketika melakukan berbagai aktivitas di luar tersebut, kemungkinan mengalami cedera sangatlah bisa.

Meski Sobat Sehat sudah berhati-hati tapi belum tentu dengan orang lain di sekitar. Tak heran kalau Sobat Sehat mungkin pernah mengalami cedera, mulai dari terkilir, keseleo, jatuh, dan lain sebagainya. Kondisi ini dapat menyebabkan kaki bengkak karena kerusakan jaringan kaki dan memunculkan peradangan.

Penyakit Liver

Kaki bengkak gejala apa? Penyakit liver bisa menjadi jawaban selanjutnya dari pertanyaan tersebut. Liver atau organ hati pada manusia berperan penting dalam menghancurkan racun-racun dalam tubuh dan membantu proses pencernaan.

Tak hanya itu saja, liver juga bertugas untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh karena memiliki protein penting. Nah, kalau fungsi-fungsi dari hati ini terganggu, maka salah satu dampaknya adalah pembengkakan kaki karena ada penumpukan cairan.

Pembekuan Darah

Adanya gumpalan darah atau pembekuan darah bisa menjadi alasan di balik kaki bengkak gejala apa. Gangguan kesehatan ini sering terjadi di bagian kaki dan paha. Gumpalan darah yang ada bisa membuat pembengkakan pada kaki.

Selain itu, gumpalan darah cukup berbahaya, lho, karena gumpalan darah yang pecah bisa menyebar ke jantung, paru-paru, hingga otak. Kondisi yang seperti ini dapat mengancam jiwa dan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu berhati-hati kalau gejala kaki bengkak disertai dengan demam tinggi.

Asam Urat Tinggi

Penyebab kaki bengkak yang selanjutnya adalah kadar asam urat yang tinggi. Pembengkakan akibat asam urat biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang seperti ditusuk-tusuk. Sebab, kaki bengkak terjadi karena ada penumpukan kristal tajam yang bisa membuat iritasi pada sekitar persendian.

Selain itu, kaki bengkak karena gejala asam urat tidak hanya di bagian telapak atau jari kaki saja tapi juga bisa terjadi di lutut hingga ujung kaki. Lalu kaki bengkak gejala apa? Kalau menurut penjelasan ini, pembengkakan menjadi gejala dari rematik karena ada thopi atau benjolan akibat kristal-kristal tajam.

Kondisi ini bisa cukup berbahaya karena membuat Sobat Sehat kesulitan dalam berjalan. Kendati demikian, asam urat tinggi sebenarnya bisa dicegah, salah satunya dengan rutin melakukan cek asam urat. Melalui pemantauan rutin, Sobat Sehat dapat mengambil tindakan sejak dini jika kadar asam urat tiba-tiba meningkat.

Nah, untuk melakukan cek asam urat ini, Sobat Sehat tinggal mendatangi gerai Apotek K-24 terdekat. Oh iya, setiap tanggal 24 akan ada diskon 24% untuk cek kesehatan di Apotek K-24 karena ada Promo CERAH, lho. Jadi, jangan lewatkan promo menarik ini untuk hidup yang lebih sehat, ya. Demikian ulasan tentang kaki bengkak gejala apa, semoga bermanfaat!