KENAPA SERING BUANG AIR KECIL? INI 6 ALASAN YANG HARUS DIWASPADAI!

Terlalu sering buang air kecil (kencing) memang membuat keadaan tidak nyaman karena Sobat Sehat harus sering ke kamar mandi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa kondisi, baik yang berbahaya bagi kesehatan atau kebiasaan sehari-hari saja. Jika demikian kenapa sering buang air kecil terjadi dan apakah berbahaya?

Pada keadaan yang normal, Sobat Sehat bisa buang kecil sebanyak 4-8 kali dalam sehari. Namun, jika Sobat Sehat terlalu banyak minum air saat mendekati waktu tidur, mengonsumsi makanan, dan minum minuman berkafein, maka frekuensi buang air kecil akan meningkat. Kondisi tersebut dikatakan normal dan tidak berbahaya sama sekali.

Kenapa Sering Buang Air Kecil?

Berbeda keadaan apabila Sobat Sehat terlalu sering buang air kecil padahal intensitas minum hanya sedikit dan tidak sering mengonsumsi makanan. Sebab, keadaan tersebut bisa menunjukkan bahwa tubuh Sobat Sehat sedang mengalami gangguan kesehatan.

Sering buang air kecil yang tidak normal tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal, tergantung gangguan kesehatan di bagian organ mana. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Sobat Sehat harus sering ke kamar mandi untuk buang air kecil:

Infeksi Saluran Kemih

Adanya infeksi pada saluran kemih menjadi alasan pertama dari kenapa sering buang air kecil. Penyebab gangguan kesehatan satu ini adalah bakteri yang menyerang saluran kemih. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan peradangan sehingga kandung kemih tidak mampu untuk menahan kencing. Salah satu gejala yang khas dari ISK adalah demam dan nyeri perut di bawah.

Gangguan Ginjal

Ginjal adalah salah satu sistem kemih di dalam tubuh manusia. Jadi, tidak heran bila Sobat Sehat akan sering buang air kecil saat mengalami gangguan pada organ ginjal. Selain BAK, gangguan ginjal juga ditandai dengan nyeri punggung dan sensasi terbakar saat BAK. Ada dua gangguan ginjal yang perlu diwaspadai, yaitu batu ginjal dan infeksi ginjal.

Kandung Kemih Overaktif

Alasan selanjutnya dari kenapa sering buang air kecil adalah keadaan kandung kemih yang overaktif atau sering disebut dengan overactive bladder. Saat kandung kemih mengalami kontraksi terlalu sering, maka keinginan untuk buang air kecil bisa muncul terus meskipun kandung kemih belum penuh dengan urine. Kondisi ini biasanya ditandai dengan keinginan BAK yang susah untuk ditunda.

Gangguan Prostat

Selain dari sistem kemih, masalah sering buang air kecil juga bisa datang dari prostat yang membengkak. Pembesaran pada prostat bisa menekan saluran kemih sehingga dinding kemih menjadi sensitif. Hal ini membuat kandung kemih jadi mudah berkontraksi dan mendorong keinginan untuk berkemih (buang air kecil).

Divertikulitis

Infeksi pada kantung-kantung pada dinding usus besar atau sering disebut divertikulitis juga dapat menjadi penyebab kenapa sering buang air kecil. Beberapa gejala dari divertikulitis adalah nyeri perut di bagian kiri bawah, perdarahan dari anus, dan sering buang air kecil.

Diabetes

Sering buang air kecil yang tidak normal juga menjadi gejala awal dari penyakit diabetes, lho. Kenapa bisa? Saat terlalu banyak endapan gula di dalam tubuh, maka tubuh akan berusaha untuk mengeluarkan glukosa yang tidak terpakai melalui urine. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu waspada jika sering mengalami buang air kecil meski tidak sedang minum air putih yang banyak.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa sering buang air kecil tidak normal bisa terjadi. Sebagian besar alasan di atas ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuh, apalagi penyakit diabetes yang tidak bisa sembuh setelah Sobat Sehat terkena.

Dalam mencegah penyakit diabetes ini selain harus menerapkan gaya hidup sehat, Sobat Sehat juga harus sering mengecek kadar gula darah di dalam tubuh. Cek gula darah ini bisa dilakukan di Apotek K-24 terdekat, lho. Jadi, jangan ragu untuk datang ke Apotek K-24 untuk menjaga kesehatan dengan cek kesehatan, ya. Apotek K-24, Komplit Obatnya, 24 Jam Bukanya!